Breaking News

6/recent/ticker-posts

Voluntrip Kitabisa Edukasi dan Pelepasan Penyu di Pesisir Lombok Utara

 

Foto : GMF PEDULI

Lombok Utara, suarabumigora.com - Puluhan peserta mengikuti kegiatan voluntrip Edukasi dan Pelepasan Pelepasan Penyu yang diselenggarakan oleh Kitabisa dan Garuda Mandiri Peduli di pantai Sedayu, Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. (28/7/2024)

Ratusan ekor tukik (anak penyu) dilepaskan dalam kegiatan voluntrip ini. Kegiatan voluntrip ini melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pemerhati lingkungan, dan warga sekitar.


Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Garuda Mandiri Peduli, Kemas Omi Andrian menyampaikan apresiasi yang begitu mendalam kepada pak Muhidin selaku pemilik penangkaran penyu di pantai Sedayu.

"Luar biasa apa yang sudah dilakukan oleh pak muhidin, dengan sukarela melakukan kegiatan seperti ini bahkan hingga harus mengeluarkan uang dari kantungnya sendiri bahkan berjalan hingga sepuluh tahun lamanya," ungkap Omi sapaan akrab Ketua Yayasan Garuda Mandiri Peduli.

Lebih lanjut, Kemas Omi menyampaikan bahwa kegia voluntrip edukasi dan pelepasan penyu ini bertujuan untuk upaya konservasi dan menjaga lingkungan.

"Jadi ini kita melakukan pelepasan penyu untuk konservasi dengan tujuan menjaga penyu dari kepunahan. Jadi kita sebagai pemerhati lah ya istilahnya ingin ikut terlibat untuk menjaga ekosistem," ucap Omi.

Lanjutnya, Omi menyampaikan komitmennya untuk tetap berupaya membantu apa yang sudah dilakukan oleh Muhidin.

"Tentu kita akan terus berupaya untuk membantu dan mendukung apa yang telah dilakukan oleh muhidin, seperti apa yang sudah kita lakukan beberapa tahun terakhir ini," pungkasnya.

Foto : Pelepasan Penyu

Sementara itu, Muhidin menyampaikan rasa harunya atas perhatian yang dilakukan oleh para relawan.

"Saya begitu terharu dengan adanya kegiatan seperti ini, lebih-lebih merasa diperhatikan. Terutama oleh Yayasan Garuda Mandiri Foundation yang sudah beberapa kali membantu tempat penangkaran ini," ucap Muhidin.

Muhidin berharap kedepannya agar tetap diberi dukungan dan perhatian terhadap penangkaran penyu yang ia lakukan.

"Semoga kedepannya tetap ada dukungan, lebih-lebih tambahan biaya untuk perawatan penyu serta penambahan kolam, mengingat setiap tahunnya jumlah penyu semakin bertambah," pungkas Muhidin.

Kegiatan ini dimulai dengan edukasi tentang penyu, dilanjutkan dengan pemberian makan tukik sebelum dilepas liarkan ke laut. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian alat tulis untuk anak-anak sekitar. (And)

Posting Komentar

0 Komentar