Breaking News

6/recent/ticker-posts

DKP NTB Kembali Gelar GPM untuk Menjaga Stabilisasi Harga Pangan bagi Masyarakat | Suara Bumigora


Lombok Barat, suarabumigora.com - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam memastikan ketersediaan dan menjaga stabilitas harga bahan pokok, bertempat di Kantor Desa Jatisela Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat (17/7/24).


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. A. Azis menjelaskan bahwa Gerakan pangan Murah ini, merupakan ikon dari Bappenas dalam pegendalian inflasi serta mempermudah mayarakat dalam mendapakan akses pengan yang murah. 


“GPM ini adalah kampanye Nasional dalam menjaga stabilitas harga, Intinya bagaimana masyarakat menegah ke bawah bisa dapat akses pangan yang murah baik secara fisik maupun  ekonomi serta berkorelasi dengan pengendalian inflasi, Angka inflasi Provinsi NTB lebih rendah dibanding angka inflasi nasional yang tercatat sebesar 2,84 persen. dan nilai inflasi NTB tahun ke tahun yaitu sebesar 2,77 persen,” ungkapnya.


Selaras dengan penghargaan NTB menjadi daerah terendah inflasi, tercatat bahwa kumulasi perdagangan di NTB meningkat pada komoditas bahan makanan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB menjelaskan bahwa GPM bukan hanya dari DKP saja tapi juga kolaborasi dengan dinas perdagangan, dinas kelautan perikanan, dinas pertanian, dan TPID, tentu ini menekan angka inflasi dan dilaksanakan di berbagai lokasi di NTB. 


“Gerakan Pangan Murah ini adalah kolaborasi dengan berbagai dinas, dan itu sudah dilakukan selama tahun 2024 ini sebanyak 12 kali di berbagai tempat yang menyentuh langsung masyarakat yang jauh dari akses pasar, tentu ini sangat membantu dalam mengatasi ketersedian pangan bagi masyarakat, acara ini dilaksanakan dipemukiman yang jauh dari pasar untuk masyarakat ekonomi mengah ke bawah. Dengan demikian untuk mengendalikan inflasi maka perlunya akses pangan, ketersediaan, distribusi, dan komunikasi yang efektif.” Tutupnya.


Selain itu kata dia, keterlibatan UMKM pada gelar GPM sangat berdampak pada roda perekonomian masyarakat setempat, membantu dalam promosi produk, memperluas relasi dengan UMKM lainya serta membantu mencari barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau. Bahan pangan yang dijual adalah cabai, bawang merah, bawang putih, minyak, telur, beras yang bersumber dari PUPM (Pengusaha Pangan Lokal) di Pulau Lombok dan Sumbawa. 


Ibu Sri salah satu pedangan beras lokal mengatakan bahwa dengan adanya GPM ini UMKM sangat terbantu. 


“UMKM sangat terbantu dengan gerakan pangan murah ini, selain berbagai akses difasilitasi, akhirnya kami bisa mengembangkan kualitas produksi serta memperluas relasi," ujarnya. 


Selain UMKM, masyarakat Desa Jatisela sangat antusias merespon kegiatan GPM, membeli produk UMKM dengan harga yang terjangkau dibawah harga pasar.


Ibu Zahroh masyarakat Jatisela mengatakan kegiatan ini membantu masayarakat karena harganya di bawah harga pasar dan dapat membantu perekonomian masyarakat. Harga yang dijual berbeda dengan harga pasar,  Misalnya bawang merah dan yang paling murah adalah minyak, beras, gula dan telur.


Untuk diketahui, GPM ke 12 di NTB serangkaian dengan menyambut HUT Bappenas yang ke 3 Tahun, Dinas Ketahanan Pangan dalam setiap kesempatan melakukan GPM secara berkala, sebanyak 29 Kali untuk tahun 2024, terbagi 15 kali untuk APBN dan 14 kali Untuk APBD. (lws)

Posting Komentar

0 Komentar